Search

FK UNP Adakan FGD Item Review & Pembuatan Soal CBT UKMPPD

Bukittinggi – Upaya peningkatan kualitas sistem ujian pada Pendidikan Dokter Indonesia mensyaratkan adanya suatu proses penyusunan soal ujian yang berkualitas, komprehensif dan sesuai dengan tingkat kompetensi yang diharapkan dan telah tertuang dalam Standart Kompetensi Dokter Indonesia(SKDI). sehubungan dengan hal tersebut Fakultas Kedokteran UNP adakan FGD Item Review &  Pembuatan Soal CBT UKMPPD bertempat di Grand Bunda Hotel pada hari minggu  8 Oktober 2023.

Sebagai narasumber dan fasilitator pada kegiatan tersebut dr. Beta Ahlam Gizela, Sp.F.M.(K), DFM dari Divisi Kurikulum & UKMPPD AIPKI dan kegiatan ini diikuti oleh Dosen Fakultas Kedokteran dan dokter dari RSAM yang akan terlibat dalam pengajaran di tingkat sarjana dan di tingkat profesi.

FGD Item Review &  Pembuatan Soal CBT UKMPPD di buka secara resmi oleh Dekan FK UNP, Ibu Dr. dr Rika Susanti, Sp.FM(K). dalam sambutannya menjelaskan bahwa kolaborasi antara RSAM dan FK UNP  akan menghasilkan sinergi yang kuat dalam membangun FK UNP. Selain itu, dokter dari RSAM akan terlibat dalam pengajaran di tingkat sarjana, bukan hanya di tingkat profesi. Dengan itu diadakannya “FGD Item Review &  Pembuatan Soal CBT UKMPPD” untuk meningkatkan kualitas pengajar dalam pembuatan soal dengan mengundang dr. Beta Ahlam Gizela, Sp.F.M.(K), DFM dari Divisi Kurikulum & UKMPPD AIPKI.

Salah satu fokus utama adalah pembuatan soal ujian, dosen dari FK UNP akan mengambil peran penting dalam membuat soal yang sesuai dan juga dalam melakukan review soal untuk memastikan kepatuhan terhadap standar nasional. Dalam kesempatan ini narasumber juga menyampaikan bahwa proses menjadi seorang dokter mencakup berbagai komponen, mulai dari kuliah hingga skill lab, dan tutor. Pendekatan pembelajaran akan dirancang sesuai dengan karakteristik masing-masing universitas. Dalam pengembangan soal ujian, soal diawali dengan penentuan topik dan objektif, dengan tujuan agar soal tersebut memiliki tingkat kesulitan yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Kualitas soal yang baik adalah yang memiliki gradasi jawaban yang benar, serta menggunakan bahasa yang jelas.

Post Related