Search

Optimalkan Kemampuan Pengajar, FK UNP Adakan Pelatihan Instruktur Keterampilan Klinik 1B

FK-UNP-Upaya meningkatkan keterampilan klinik, Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (FK UNP) menggelar Pelatihan Instruktur Keterampilan Klinik (KK 1B) Topik 4-5 yang bertempat di Labor Biomedik kampus Kedokteran UNP Bukittinggi (12/10/2023) dengan menghadirkan seluruh Dosen dan Laboran FK-UNP.

Bella LucintaRillova Arif Lubis, MKM selaku ketua pelaksana menjelaskan bahwa pelatihan ini merupakan kegiatan rutin untuk refreshing bagi para instruktur, “Pelatihan ini kami selenggarakan sebagai bentuk refreshinguntuk menyegarkan kemampuan para instruktur sebelum blok berjalan. Tujuannya agar kemampuan para dosen FK untuk melatih mahasiswa ketika di lab semakin meningkat dan mumpuni”. Jelasnya

Dekan FK-UNP, Dr. dr. Rika Susanti, Sp. FM(K) ketika memberikan sambutan pembukaan, “Kegiatan pelatihan keterampilan ini diharapkan ilmu keterampilan yang diperoleh sama antara satu dengan yang lain. Pelatihan ini agar bisa menyamakan presepsi untuk semua dosen instruktur, semoga antara teori dan praktek yang dipelajari dapat diterapkan dengan baik nantinya”. Ungkapnya

Pelatihan Instruktur Keterampilan Klinik Batch 1 dengan tema “Keterampilan Klinik (KK) 1B (Topik 4-5)” dengan mendatangkan Narasumber dari Fakultas Kedokteran Unand yang juga merupakan Fakultas Pembina FK UNP yaitu Bapak Dr. Almurdi, DMM, M.Kes dan Ibu Dr. dr. Efrida, M.Kes, Sp.PK(K).

Pada kesempatan ini Bapak Dr. Almurdi, DMM, M.Kes memaparkan beberapa point seperti penting melakukan setting diafragma pada mikroskop, kemampuan mahasiswa untuk menggunakan dan melakukan pemeliharaan mikroskop setelah digunakan, pentingnya mengetahui penggunaan lensa dan Oil dan menegaskan pentingnya posisi mahasiswa saat melihat mikroskop.

Sementara itu Ibu Dr. dr. Efrida, M.Kes, Sp.PK(K) yang juga merupakan Wakil Dekan 1 FK-Unand, diantaranya menjelaskan dengan pelatihan ini diharapkan nantinya mahasiswa mampu melakukan pemeriksaan urine secara makroskopis dan mikroskopis, protein urine, glukosa urine dan dipstik urine serta menginterpretasi hasil pemeriksaan. (Humas@FKUNP)

Post Related