Search

Dosen FK-UNP adakan Workshop Pembuatan Soal OSCE dan MCQ

Hari ini, Rabu, 23 Agustus 2023 telah dilaksanakan Workshop Pembuatan Soal OSCE (Objective Structured Clinical Examination) dan MCQ (Multiple Choice Questions) oleh Dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang secara online via aplikasi zoom.

Instrumen evaluasi yang akurat, holistik, dan sesuai dengan standar kedokteran merupakan salah satu aspek penting dalam pendidikan kedokteran untuk membentuk calon dokter yang berkualitas tinggi dan siap menghadapi tantangan medis modern.

Workshop ini diselenggarakan oleh Team Student Assessment yang diketuai oleh Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed dan dibuka langsung oleh Dekan FK UNP, Dr. dr. Rika Susanti, Sp. FM (K). Materi diberikan oleh Pakar dari Fakultas Kedokteran Universitas Andalas yakni dr. Linosefa, Sp.MK yang memaparkan tentang teknik pembuatan soal OSCE dan dr. Citra Manela, Sp.FM yang menyampaikan teknik pembuatan soal MCQ.

Kegiatan ini bertujuan agar Dosen memahami prinsip perancangan soal MCQ dan OSCE yang berkualitas melalui penyusunan pertanyaan yang jelas, relevan, dan mampu mengukur tingkat pemahaman konsep, kemampuan klinis serta penerapan pengetahuan dalam konteks praktik medis.

Diharapkan, Dosen mampu merancang soal MCQ dan OSCE yang mencakup berbagai tingkat taksonomi kognitif, dari pemahaman konsep hingga penerapan klinis dengan skenario situasional. Sehingga, yang memungkinkan simulasi latihan klinis dan mendorong mahasiwa untuk berpikir kritis, menganalisis masalah, dan merancang solusi yang tepat.

Post Related