Search

FK-UNP Selenggarakan Pelatihan Penulisan Skenario Pembelajaran

Fakultas Kedokteran UNP menyelenggarakan pelatihan penulisan skenario bagi dosen. Kegiatan ini dilakukan dalam rangka persiapan para Dosen untuk lebih mengenal sistem pembelajaran metode pembelajaran Problem-based Learning di FK UNP serta memberikan bekal kepada para dosen supaya lebih terampil dalam menyusun sekenario dalam proses pembelajaran. . Kegiatan ini diselenggarakan selama dua hari yaitu Selasa-Rabu, tanggal 30-31 Mei 2023 bertempat di Ruang Serbaguna FPP UNP Lantai I.
dr. Benny Alexander Maisa, M.Biomed. selaku ketua pelaksana kegiatan pelatihan ini menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan tutorial yang akan di lakukan selama dua hari ini diikuti oleh semua Dosen Fakultas Kedokteran UNP, kegiatan ini juga merupakan persiapan pembelajaran peembukaan Prodi Kedokteran UNP.

Kegiatan Pelatihan ini di buka secara resmi oleh Plt. Dekan FK UNP, Dr.dr.Rika Susanti, Sp.FM(K). dalam sambutannya beliau mengungkapkan “Skenario dalam metode pembelajaran Problem-based Learning memegang peranan yang sangat penting. Skenario berfungsi sebagai pemicu proses belajar mahasiswa. Diskusi tutorial yang didukung dengan skenario yang tepat sesuai dengan tujuan belajar yang akan dicapai akan sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya belajar mandiri”.
Mahasiswa dapat mempelajari pengetahuan maupun keterampilan yang baru berdasarkan rasa keingintahuan yang dipicu melalui skenario. Rasa keingintahuan itu pulalah yang dapat mendorong mahasiswa untuk mencari tahu lebih dalam pengetahuan atau keterampilan yang belum mereka kuasai. Konteks yang sesuai dengan profesi mereka di masa depan juga membantu mahasiswa untuk mengembangkan pengetahuan dan keterampilannya.
Kegiatan pelatihan penulisan skenario pembelajaran bertujuan untuk memberikan gambaran tentang problem based learning (PBL) dan praktik menulis skenario. Sebagai narasumber pada pelatihan ini yaitu dr. Rachmadya Nur Hidayah M.Sc., Ph.D Staf Pendidik di FKKMK Universitas Gajah Mada. Para dosen peserta Pelatihan juga berpraktik membuat skenario sesuai bidang dan Blok yang akan di ampu nantinya. Di sesi terakhir dilakukan review dan dibahas bersama terhadap hasil skenario yang telah disusun.
Pelatihan selama dua hari ini diharapkan para Dosen FK UNP dapat membuat skenario pembelajaran dan membuat soal yang baik dan benar dalam rangka menunjang proses pembelajaran di FK UNP Nantinya.

Post Related