Search

Benchmarking Online Tim Task Force Pendirian Prodi Kedokteran Hewan UNP dengan Fakultas Kedokteran Hewan University of Putra Malaysia

Rabu, 22 November 2023, telah dilakukan benchmarking online Program Studi Kedokteran Hewan FK UNP dengan Fakultas Kedokteran Hewan University of Putra Malaysia. Kegiatan ini  dilaksanakan sebagai bagian dari persiapan pendirian prodi kedokteran hewan yang akan berada di bawah Fakultas Kedokteran UNP.

Kegiatan dibuka oleh Dekan Fakultas Kedokteran UNP Dr. dr. Rika Susanti, Sp.FM (K). dalam sambutannya Dekan FK-UNP menyampaikan “tentang rencana pendirian program studi kedokteran hewan UNP dengan penciri atau keunggulan yang difokuskan adalah pencegahan dan penanggulangan zoonosis dan keamanan pangan. Kemudian menjelaskan mengapa memilih UPM sebagai kampus luar negeri sebagai rujukan untuk benchmarking dalam rangka persiapan akreditasi minimal LAMPTKES.

Profesor Dato’ Dr. Mohd Azmi Mohd Lila – Dekan Fakultas Kedokteran Hewan UPM menginformasikan pentingnya dilakukan MoU (Memorandum of  Understanding) untuk kelancaran dalam kerjasama antara UPM dengan universitas lainnya karena pihak UPM telah menjadikan MoU sebagai standar dalam sistem kerjasama antar Universitas agar tidak ada terjadi masalah dikemudian hari baik pada dosen maupun pada institusi. dan diikuti dengan pemaparan tentang kurikulum dan sistem pembelajaran kedokteran hewan oleh Fakultas Kedokteran”

” Program pendidikan FKH UPM bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang akan memiliki kompetensi dibidang diagnosa penyakit, pengobatan, kontrol kesehatan hewan, dan peningkatan produksi hewan. Oleh karena itu, lulusan dari FKH UPM sudah mampu bekerja dilapangan pada hari pertama mereka bekerja didunia kedokteran hewan ” lanjut Dato’ Dr. Mohd Azmi Mohd Lila

Profesor Dato’ Dr. Mohd Azmi Mohd Lila juga menyampaikan ” Lama masa menempuh pendidikan di FKH UPM adalah 5 tahun atau 10 semester dengan total rata-rata 192 SKS dimana 20 SKS adalah kursus university, 166 SKS adalah kursus kedokteran hewan dan 6 SKS kursus elektif. Waktu tercepat untuk lulus adalah 5 tahun dengan waktu maksimal adalah 8 tahun. Pada saat perpindahan semester (libur semester) mahasiswa/i FKH UPM akan melakukan magang ketempat klinik hewan, peternakan atau perusahaan yang berhubungan dengan dunia kedokteran hewan”

Profesor Dato’ Dr. Mohd Azmi Mohd Lila menambahkan ” Tahun ke 2 mahasiswa/i FKH UPM sudah masuk ke labor atau klinik hewan untuk hand on. Hal ini berbeda dengan sistem pembelajaran mereka dahulu atau beberapa sistem pembelajaran di negara lain Dimana mahasiswa baru masuk labor dan hand on pada tahun ke 4. FKH UPM telah melakukan transformasi kurikulum agar mahasiswa/i dapat masuk labor dan praktek secara hand on lebih awal agar mampu mencapai keterampilan yang diharapkan.

Post Related