Search

dr. Muthia Sukma, MARS, Dianugerahi Gelar Profesi “Fellow of the International Society for Quality in Health Care” (FISQua)

Bukittinggi – dr. Muthia Sukma, MARS, Fisqua  dosen muda di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang dan ahli dalam bidang kesehatan, telah meraih gelar profesi prestisius “Fellow of the International Society for Quality in Health Care” (FISQua). Ini merupakan pengakuan internasional atas kontribusi luar biasanya dalam meningkatkan mutu layanan kesehatan.
ISQua sendiri adalah komunitas dan organisasi nirlaba berbasis anggota yang berdedikasi untuk mempromosikan peningkatan kualitas layanan kesehatan di tingkat Internasional.

  1. Muthia Sukma, MARS, Fisqua memiliki latar belakang pendidikan yang kuat. Beliau menamatkan dokter umum di Fakultas Kedokteran Universitas Andalas dan kemudian melanjutkan pendidikan dan berhasil meraih gelar Magister Manajemen Rumah Sakit (MARS) pada Pascasarjana Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran Universitas Andalas. Selain itu tergabung dalam Ikatan Ahli Manajemen dan Administrasi Rumah Sakit Indonesia (IAMARSI) dan Ikatan Konsultan Kesehatan Indonesia (IKKESINDO) yang merupakan wadah untuk menghimpun, membina, melindungi, mengembangkan dan mengawasi konsultan kesehatan dalam upaya menggerakkan pembangunan kesehatan untuk tercapainya masyarakat Indonesia yang sehat dan mandiri serta ikut mengisi pembangunan bangsa dan negara yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Gelar ini adalah pengakuan atas keberhasilan beliau menyelesaikan study nya yang berkaitan dengan  Quality Improvement, Measure and Evaluation, Person – Centered Care, Patient Safety, Leadership  in Health, Critical Crisis Thinking, dan Quality Safety in Resources Challenged Countries. dr. Muthia Sukma, MARS, Fisqua telah membuktikan kegigihannya sehingga berhasil memperoleh gelar ini.

Dalam sambutannya terkait penghargaan ini, dr. Muthia Sukma mengatakan, “Gelar ini adalah langkah awal untuk perubahan ke arah yang lebih baik. Tidak ada istilah tidak mungkin jika kita dapat fokus dan berjuang untuk mencapai apa yang di cita – citakan. Semoga ilmu yang didapat ini bisa memberikan konstribusi bagi Universitas Negeri Padang pada umumnya dan Fakultas Kedokteran khususnya. Ilmu ini bukanlah untuk saya sendiri, namun juga ilmu bagi orang banyak, Insyaallah akan menjadi ilmu yang bermanfaat”

Gelar ini juga merupakan sebuah prestasi yang luar biasa dan membanggakan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang. Meskipun Fakultas Kedokteran UNP baru saja berdiri namun telah membuktikan mereka memiliki dosen  – dosen yang berkualitas dibidangnya.  dr. Muthia Sukma, MARS, Fisqua, adalah teladan bagi banyak individu yang berdedikasi untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan. Kami berharap bahwa keberhasilan ini akan menginspirasi generasi berikutnya untuk mengikuti jejaknya dalam meningkatkan standar kualitas layanan kesehatan di Indonesia.

Editor :Humas FK UNP

Post Related