Search

berita
dan
informasi

Dr. Ricvan Dana Nindrea menjadi Interpreter dalam kegiatan Knowledge Sharing Program (KSP) on Maternal and Child Health Handbook

Provinsi Sumatera Barat menjadi  tuan rumah kegiatan KSP dalam upaya peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak melalui penggunaan buku kesehatan ibu dan anak di era desentralisasi, sebuah proyek kerjasama teknis antara Kementerian Kesehatan RI dan Japan International Agency (JICA) yang dihadiri oleh delegasi dari 9 negara yaitu Kamboja, Kenya, Laos, Madagaskar, Tajikistan, Thailand, Vietnam, Timor Leste dan Indonesia (1 s.d 14/09/23) .

Kegiatan pada hari 1, Dr. Ricvan Dosen Muda FK-UNP mendampingi Chief Representative of JICA Indonesia Mr. Takehiro Yasui dalam pertemuan dengan Gubernur Sumatera Barat yaitu Bapak Mahyeldi Ansharullah guna membahas kerjasama antara JICA Indonesia dan Pemerintah Provinsi Sumatera Barat. Kegiatan KSP ini diresmikan secara langsung oleh Wakil Menteri Kesehatan RI yaitu Prof. Dante Saksono Harbuwono dan Gubernur Sumatera Barat. Dan setelah peresmian, para delegasi langsung melakukan kunjungan ke RSUP Dr. M. Djamil untuk melihat dan mempelajari bagaimana pelayanan kesehatan ibu dan anak serta penggunaan buku KIA dan buku bayi kecil/ little baby handbook secara langsung.

Pada hari ke-2, rombongan KSP melakukan kunjungan ke Kota Solok dan disambut hangat oleh Walikota Solok. Kegiatan kunjungan dilakukan di Puskesmas Tanjung Paku, Posyandu Wijaya Kusma Lima dan Kids and Moms Care untuk melihat bagaimana pelayanan kesehatan ibu dan anak pada tingkat komunitas serta inovasi yang dimiliki dalam meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak.

Batusangkar menjadi tujuan terakhir kegiatan KSP pada hari ke 3-4 dan mendapat dukungan langsung oleh Bupati Tanah Datar.. Pemberdayaan masyarakat melalui kegiatan dasawisma menjadi daya tarik sendiri oleh peserta KSP. Para peserta melihat bahwa keberlangsungan sebuah program tidak hanya didukung oleh pemangku kebijakan namun harus mendapat dukungan dari masyarakat agar keberlangsungan program dapat terjamin. Tujuan akhir kegiatan KSP ini dapat menjadi lesson learn bagi delegasi 9 negara untuk meningkatkan pelayanan kesehatan ibu dan anak di negara mereka masing-masing.