Search

Hari kedua Pelatihan : Narasumber dari FK-Unand Sampakain Materi Teaching and Learning Procedural Skills dan Keterampilan Klinis IA

Bukittinggi 20 Agustus 2023, sejumlah dosen Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang melaksanakan pelatihan untuk menunjang peningkatan keterampilan dalam mengajar mahasiswa Prodi Kedokteran. Narasumber pertama yakni Ibu dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D memberikan materi Teaching and Learning Procedural Skills yang sangat berguna untuk proses perkuliahan. Beberapa materi seperti bagaimana keterampilan klinik (KK), 4 step teaching learning procedural skills (Flinders Learning ), teknik umpan balik pada saat perkuliahan, serta 12 tips dalam memberikan umpan balik.

Ibu dr. Nur Afrainin Syah, M.Med.Ed, Ph.D memaparkan pelatihan ini sangat dibutuhkan untuk meningkatkan keterampilan dosen untuk membangun cara komunikasi  mahasiswa kedokteran yang baik, benar dan berkompeten di bidangnya. Cara komunikasi yang efektif serta sambung rasa dan empati yang benar pun dijelaskan dengan pada pelatihan ini untuk membantu dosen mendapat skill yang terkini dalam proses mengajar. Tak luput juga pada topik ini para dosen lansung mempraktekkan cara berkomunikasi yang efektif bagi dokter untuk dapat menjelaskan kondisi pasiennya.

Selain itu turut hadir Ibu dr. Roslaili Rasyid, M.Biomed sebagai narasumber kedua yang menerangkan topik berupa panduan keterampilan klinik 1A. Pada topik ini, para dosen mendapatkan materi mengenai landasan dan tata cara dalam menjelaskan kepada mahasiswa penggunaan masker, sabun cuci tangan, hand scrub dan hal lainnya terkait dengan keterampilan klinik. Penilaian dosen saat mahasiswa mendemonstrasikan materi ini pun dijelaskan oleh  dr. Roslaili Rasyid, M.Biomed.

Post Related