Search

FAKULTAS KEDOKTERAN UNP ADAKAN PELATIHAN TUTOR

Padang-Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang mengadakan pelatihan tutor untuk para dosennya. Pelatihan tutor merupakan pelatihan untuk para dosen di fakultas kedokteran untuk bisa memfasilitasi diskusi pada kegiatan tutorial. Kegiatan tutorial merupakan salah satu bentuk kegiatan pembelajaran dengan sistem Problem Based Leraning (PBL) yang dipakai dalam proses pembelajaran di fakultas kedokteran. Seorang tutor harus mampu mengatur dinamika kelompok, memotivasi mahasiswa, melakukan intervensi sesuai kesiapan mahasiswa. Terdapat 4 prinsip dasar PBL, yaitu konstektual, konstruktivism, kolaborasi dan self directed learning. Pelatihan diadakan secara daring selama 2 hari yaitu tanggal 5 – 6 Maret 2023. Hadir dalam kesempatan ini Wakil Rektor I UNP, Plt. Dekan dan Para Plt.Wakil Dekan FK-UNP serta jajarannya. Sementera itu peserta yang hadir adalah dosen FK-UNP. Narasumber kegiatan ini berasal dari Departemen Pendidikan Kedokteran dan Bioetika FK-KMK UGM yaitu dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed., PhD.
Kegiatan pelatihan Tutor ini dibuka Secara Resmi oleh Wakil Rektor I Bidang Akademik dan Kemahasiswaan Dr. Refnaldi, S.Pd., M.Litt. Dalam sambutannya, WR I UNP mengapresiasi pelatihan yang dilaksanakan ini.
WR I UNP juga berharap untuk persiapan prodi kedokteran, butuh banyak pelatihan bagi dosen-dosen dan kepada seluruh peserta pelatihan dapat mengikuti rangkaian pelatihan dengan serius dan komitmen. Ia juga menyampaikan terimakasih kepada Plt.Dekan, Plt. Wakil Dekan I dan Plt. Wakil Dekan II yang telah menugaskan dosen-dosen untuk mengikuti pelatihan ini.
Dalam sambutannya Plt. Dekan Fakultas Kedokteran UNP, Dr. dr. Rika Susanti, Sp. FM(K) mengucapkan selamat datang kepada narasumber, dan berharap kepada peserta agar pelatihan tutor ini diikuti dengan sebaik-baiknya, karena sangat penting bagi dosen. Menjadi syarat untuk dapat menjadi tutor saat perkuliahan nantinya.
Pada pelatihan hari pertama ini Narasumber yaitu dr. Yoyo Suhoyo, M.Med.Ed., PhD. Menyampaikan topik terkait Problem Based Learning (PBL), Skenario dalam PBL, Tutorial dan Permasalahan dan Solusi Penyelesaian/Pencegahan Masalah. (drt)

Post Related