Search

berita
dan
informasi

Tingkatkan Kesadaran Higienitas Masyarakat melalui Program Kemitraan Masyarakat Fakultas Kedokteran UNP

Kabupaten Agam, 7 Oktober 2024 – Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang menggelar kegiatan pengabdian masyarakat oleh Dosen dan Mahasiswa di Gedung Wali Nagari Pilubang. Dipimpin oleh dr. Benny Alexander Maisa, M. Biomed, bersama Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M. Biomed, dan Dr. Ricvan Dana Nindrea, S.K.M., M. Kes., M. Sc(Epid)., FRSPH, acara ini melibatkan beberapa mahasiswa yaitu Fathiya Rizqillah Ranza, Fitria Eka Meyati Tanu, Navila Samsa Volasoohy, Arzeta Aprilia, Muthi Sarı Defrizal, Mufidah Lailatul Qadariyah, Nayla Lisrha,  Novia Elsaputri, Salma Nasira Rusdha, Saminur Muzaqi, dan Zelly Salmiyanti.

Kegiatan dihadiri oleh Wali Nagari Pilubang, Endi Refli, S.S., dan perangkat Nagari lainnya, serta masyarakat setempat, terutama ibu-ibu yang memiliki balita. Dalam acara ini, dr. Benny menyampaikan materi tentang praktik higienitas dan perilaku hidup bersih dan sehat yang penting dalam pengolahan makanan dan upaya pencegahan stunting.

Kegiatan dimulai dengan pre-test untuk mengukur tingkat pengetahuan peserta, diikuti oleh pemaparan mengenai pentingnya higienitas dan perilaku hidup bersih dan sehat dalam pengolahan makanan serta sesi demonstrasi cara mencuci tangan sesuai pedoman WHO. Acara ditutup dengan pemberian post-test kepada peserta untuk menilai peningkatan pemahaman mereka.Tujuan utama dari pelaksanaan program ini adalah untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga higienitas dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam pengolahan makanan.

Diharapkan, melalui agenda ini, masyarakat dapat menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat dalam pengolahan dan penyajian makanan  sebagai bagian dari kebiasaan harian dalam rangka pencegahan dan tatalaksana stunting.