Search

Dosen FK UNP Terbitkan Buku “Biokimia Dasar”

FK-UNP- Buku “Biokimia Dasar” memberikan landasan yang kokoh untuk pemahaman tentang prinsip-prinsip biokimia yang mendasar. Memulai dari struktur dan fungsi molekuler dasar, buku ini membawa pembaca dalam perjalanan mendalam untuk menjelajahi dunia seluler di tingkat kimia. Dari karbohidrat hingga asam nukleat, setiap bab menguraikan dengan jelas peran penting yang dimainkan oleh beragam molekul biokimia dalam menjaga keberlangsungan Kehidupan.

Pembaca akan dibimbing melalui proses-proses krusial seperti Pengantar biokimia dasar. Struktur Molekul dan Fungsi Biomolekul, Metabolisme karbohidrat dan pembentukan ATP, Metabolisme asam amino, Metabolisme purin dan pirimidin, Lipid. Protein, Biokatalisator dalam Reaksi Biokimia, Fotosintesis, Asam Nukleat dan Ekspresi Genetik, Reproduksi dan replikasi DNA, Gangguan metabolisme karbohidrat, lipid dan pupin. Penyakit genetik terkait dengan gangguan metabolism, dan Aplikasi Biokimia dalam Penelitian dan Dan praktik klinik.

Dengan ilustrasi. diagram, dan studi kasus, pembaca akan dihadapkan pada contoh konkret yang memperkuat pemahaman mereka tentang konsep-konsep Biokimia. Setiap bab dirancang untuk membantu memahami bagaimana karbohidrat, protein, lipid dan asam nukleat saling berinteraksi dan bekerja sama untuk menjalankan fungsi-fungsi biologis yang vital.

Melalui “Biokimia Dasar” pembaca akan dibawa dalam perjalanan mendalam untuk mengeksplorasi dasar-dasar kimia kehidupan. Buku ini tidak hanya sesuai untuk mahasiswa biokimia dan ilmu hayati, tetapi juga merupakan bacaan yang berharga bagi siapa pun yang ingin memahami lebih dalam tentang proses proses biokimia yang mendasari kehidupan.

Buku  “Biokimia Dasar”   ini ditulis oleh Tim Dosen Fakultas Kedokteran yaitu dr. Ainil Mardiah, Sp.GK, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed, dr. Benny Alexander Maisa, M.Biomed, dr. Dede Rahman Agustian, M.Biomed, dr. Maudy Octarini Ezeddin, Sp.PK. buku ini diterbitkan oleh penerbit Tri Edukasi Ilmiah.  (humas-FK)

Post Related