Search

Book Chapter “Metabolisme dan Cairan Tubuh” Kolaborasi Karya Para Dosen FK Universitas Negeri Padang, FK Universitas Baiturrahmah, dan FK Universitas Bengkulu

Metabolisme merupakan serangkaian proses biokimia yang terjadi di dalam tubuh untuk mengubah nutrisi menjadi energi yang diperlukan untuk menjaga fungsi organ-organ tubuh da menjalani kehidupan sehari-hari. Proses ini melibatkan pembentukan dan pemecahan molekul-molekul dalam sel, termasuk karbohidrat, protein, dan lemak. Sementara itu, cairan tubuh, seperti darah, cairan serebrospinal, dan cairan interstisial, memainkan peran penting dalam transportasi nutrisi, pembuangan limbah, serta menjaga keseimbangan suhu tubuh. Keseimbangan elektrolit dan volume cairan tubuh yang tepat sangat penting untuk memastikan fungsi organ-organ tubuh berjalan dengan baik. Kombinasi antara metabolisme yang efisien dan keseimbangan cairan tubuh yang tepat adalah kunci bagi pemeliharaan kesehatan dan kelangsungan hidup organisme.

Buku berjudul “Metabolisme dan Cairan Tubuh” ini ditulis oleh para dokter yang ahli di dalamnya. Beragam materi yang dibahas dalam buku ini meliputi Dasar-dasar Metabolisme, Metabolisme Karbohidrat, Metabolisme Lemak, Metabolisme Protein, Peran Endokrin dalam Metabolisme, Air dan Elektrolit, Sel darah merah, Hepar, Protein Plasma, Ginjal, Regulasi Asam Basa, dan Metabolisme Hormon Tiroid. Buku ini menjadi referensi penting dalam memahami metabolisme tubuh secara mudah dan komprehensif serta dapat menjadi bacaan yang layak bagi mahasiswa, akademisi, bahkan masyarakat umum yang ingin memahami tentang komponen metabolisme dan cairan didalam tubuh lebih lanjut.

Post Related