Search

Kolaborasi Aksi Bergizi dan Tanggap Bencana Tim PKM-K FK UNP dengan berbagai Instansi & Organisasi

Sebagai Fakultas dan Prodi baru, Kedokteran UNP aktif berpartisipasi dalam berbagai kegiatan akademik ataupun kemasyarakatan.Kali ini, Tim  Program Kreativitas Mahasiswa Kewirausahaan (PKM-K) yang lolos pendanaan Kemdikbudristek tahun 2024, sebuah program kreativitas mahasiswa yang berfokus dalam menciptakan aktivitas usaha memproduksi “Filih”, finger food MP ASI berbahan dasar ikan bilih yang merupakan pangan lokal asli, Danau Singkarak, Sumatera Barat. 

 

“Filih” hadir sebagai inovasi gizi yang turut mendukung program Aksi Bergizi oleh Pemerintah dalam upaya penanggulangan kasus stunting di Indonesia. Tim PKM-K FK UNP dengan  Fadhil Acedya Adhyatmoko selaku ketua tim beserta Figo Dwi Cahyo, Dita Zahratul Fathny, Salma Nasira Rusdha, dan Navila Samsa Volasoohy sebagai anggota  serta Dosen Pendamping, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed  melakukan kolaborasi dengan berbagai instansi dan organisasi untuk memperluas manfaat “Filih”.

 

Selain menggandeng Klinik Tumbuh Kembang Anak, My Lovely Child sebagai mitra pemanfaatan dan pemasaran produk bergizi bagi bayi dan balita, “Filih” ikut berpartisipasi dalam agenda selebrasi Bulan Bakti Istri Dokter Indonesia (BBID) tahun 2024 yang diselenggarakan oleh IIDI Cabang Padang dalam bentuk Edukasi Pendidikan Budi Pekerti di SMP dan SMA Dian Andalas, Padang. Aksi sosial kemanusiaan juga dilakukan oleh Tim “Filih” di Jorong Panti, Nagari Rambatan, Kabupaten Tanah Datar melalui penyerahan donasi berupa produk “Filih” dan pemberian edukasi gizi kepada anak-anak di lokasi terdampak bersama Tim Dompet Dhuafa Singgalang, Dompet Dhuafa Volunteer, Supervolunteer, dan IIDI Padang. Aksi tanggap bencana berikutnya juga dilakukan melalui pemberian produk “Filih” kepada anak-anak TK Halimah, Galuang, Kabupaten Agam, dengan disertai pelayanan kesehatan dan pengobatan gratis, penyerahan alat peraga edukatif, pemberian produk makanan sumber hewani, dan multivitamin bersama IDI Sumatera Barat, IDI Agam, IDI Pasaman, Perhimpunan dan Kesejawatan Profesi; PDGKI, IDAI, PAPDI, PDPI, PERDOSNI, PERSPEBSI dan IIDI Padang.

Penulis : Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed (Dosen Prodi Kedokteran FK UNP)

PKM K FK UNP

Post Related