Search

berita
dan
informasi

Tantangan Baru, Persiapan Optimal: Pelatihan Penulisan Skenario dalam Menyongsong Persiapan Perkuliahan Semester Genap

18 Januari 2024, Bukittinggi – Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (FK UNP) menggelar pelatihan penulisan skenario PBL (Problem-Based Learning) sebagai langkah strategis menuju pembelajaran yang berkualitas tinggi. Metode PBL tidak hanya membutuhkan implementasi yang baik tetapi juga perencanaan tutorial yang berkualitas. Tutorial, sebagai “jantung” metode PBL, memainkan peran penting dalam mendukung proses pembelajaran. Oleh karena itu, penulisan skenario menjadi kunci untuk memicu diskusi dan memandu pencapaian tujuan pembelajaran. 

Pelatihan ini dihadiri oleh Dekan FK UNP Dr.dr. Rika Susanti, Sp. FM (K) dalam kata sambutannya memaparkan bahwa perluasan wawasan dan pemahaman tentang penulisan skenario menjadi hal mendesak khususnya dalam mempersiapkan perkuliahan di semester genap. Sehingga pelatihan ini menjadi langkah krusial untuk memastikan keberhasilan metode PBL yang terintegrasi dan komprehensif di lingkungan pendidikan kedokteran FK UNP.

Dalam laporannya, Dr. dr. Zuhrah Taufiqa, M.Biomed selaku ketua pelaksana  menyampaikan bahwa peserta pelatihan terdiri dari 33 staf pengajar FK UNP yang terdiri atas dosen tetap FK UNP dan dosen klinis dari Rumah Sakit Achmad Moechtar Bukittinggi. Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari FK Universitas Indonesia, yakni drg. Nadia Greviana MPd.Ked.Pelatihan penyusunan skenario ini bertujuan memberikan pemahaman tentang peran skenario dalam metode PBL kepada peserta dan mengajak peserta merancang sekaligus mereview berbagai tipe skenario sehingga dihasilkan skenario yang berkualitas, dapat memicu berpikir kritis, memotivasi belajar mandiri, dan mendukung tujuan pembelajaran sepanjang hayat. Pelatihan ini diharapkan memberikan kontribusi signifikan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di FK UNP dan membentuk dosen yang handal dalam penulisan skenario. (Humas FK UNP)

kedokteran unp