Search

Membangun Jembatan Akademis di Kancah Internasional: Kunjungan Kerja Fakultas Kedokteran UNP ke National University of Singapore (NUS) dalam Meningkatkan Kolaborasi Akademis dan Penelitian Kedokteran

kedokteran unpSingapura – 10 Januari 2024, delegasi Universitas Negeri Padang, termasuk di dalamnya delegasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (FK UNP) yaitu dr. Pudia M. Indika, M.Kes., AIFO-K (Wakil Dekan II), dr. Benny Alexander Maisa, M.Biomed. (Kepala Departemen Kedokteran), dan dr. Ainil Mardiah, SpGK (Dosen Ilmu Gizi dan Spesialis Gizi Klinik) melakukan kunjungan kerja ke National University of Singapore (NUS).

National University of Singapore (NUS) sendiri telah menunjukkan prestasi luar biasa di bidang pendidikan dan penelitian kedokteran. NUS menduduki peringkat ke-8 dunia dalam QS World University Ranking 2024, menjadi satu-satunya universitas di Asia yang berada pada Top-15 QS World University Ranking.

Fakultas Kedokteran NUS, Yong Loo Lin School of Medicine, menjadi pusat keunggulan di Asia, terutama dalam bidang pendidikan kedokteran dan penelitian translational medicine. Pada bidang kedokteran dasar, anatomi, fisiologi, dan biological science, NUS secara konsisten berada di peringkat teratas dalam QS World University Ranking by Subject (2023).

Kunjungan kerja ini bertujuan untuk memperkuat kerjasama akademis dan penelitian antara FK UNP dan NUS. Selama kunjungan, delegasi UNP memperoleh banyak sekali informasi berharga bagi keberlanjutan pengembangan Fakultas Kedokteran UNP. Delegasi UNP juga mengunjungi beberapa lokasi di NUS, di antaranya NUS College, NUS Education Centre, Student Houses, dan beberapa fakultas yang semuanya berada pada wilayah kampus NUS. Secara langsung, delegasi UNP merasakan lingkungan NUS sangat ramah dan kondusif untuk meningkatkan kreativitas dan potensi mahasiswanya.

NUS dan UNP akan melanjutkan kegiatan kunjungan kerja hari ini menjadi sebuah kerja sama yang solid, terutama dalam memajukan Prodi Kedokteran. Yong Loo Lin School of Medicine NUS yang memiliki fokus pada digital medicine, sejalan dengan ide pengembangan Prodi Kedokteran FK UNP yang memprioritaskan potensi digital dalam pembelajaran. Dan selain itu, diharapkan juga dapat memacu peningkatan penelitian pada Prodi Kedokteran FK UNP yang belum genap berusia satu tahun.

Kunjungan ini menjadi langkah awal dalam membangun kolaborasi yang kuat antara FK UNP dan NUS, menciptakan peluang untuk pertukaran pengetahuan dan pengalaman, serta mendorong terobosan dalam bidang kedokteran modern. Delegasi FK UNP berharap bahwa kerjasama ini akan memberikan manfaat yang nyata bagi pengembangan pendidikan kedokteran dan penelitian di Indonesia.

 

Post Related