Search

Dr. Ricvan Dana Nindrea terlibat dalam proyek pembuatan Buku Bayi Kecil/ Little Baby Handbook oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Kementerian Kesehatan RI

Dalam upaya optimalisasi perawatan bayi kecil di masyarakat, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI dan Japan International Cooperation Agency (JICA) mengembangkan “Buku Panduan Bayi Kecil (Little Baby Handbook)”, yang berisi catatan kesehatan dan informasi perawatan bayi kecil. Kemenkes berencana menerapkan buku ini secara nasional pada tahun 2023.

Buku ini dirancang khusus untuk mendukung ibu/pengasuh bayi prematur dan bayi Berat Badan Lahir Rendah (BBLR) dalam merawat bayi kecil. Buku pegangan ini akan digunakan untuk melengkapi Buku Panduan Kesehatan Ibu dan Anak (Buku KIA) bagi ibu yang memiliki bayi BBLR di bawah 2500 gram, panjang badan kurang dari 45 cm, atau usia kehamilan kurang dari 37 minggu.

Dosen muda Fakultas Kedokteran (FK) UNP yaitu Dr. Ricvan Dana Nindrea terlibat dalam proyek ini. Selain itu dalam mendukung diseminasi proyek ini Dr. Ricvan juga berhasil mempublikasikannya pada jurnal internasional bereputasi yaitu Asia Pacific Journal of Public Health, terindeks Scopus Q2.

https://doi.org/10.1177/10105395231201936

 

Post Related