Search

berita
dan
informasi

Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) secara resmi memberikan Rekomendasi Pembukaan Program Studi Kedokteran Universitas Negeri Padang

Padang– Penyelenggaraan program pendidikan dokter yang berkualitas diperlukan untuk mempertahankan mutu pelayanan medis yang diberikan dokter. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut dibutuhkan program pendidikan yang sesuai dengan proses yang terstandar. Oleh karena itu program pendidikan harus mengacu kepada Standar Pendidikan Profesi Dokter yang telah disahkan Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dalam Perkonsil Nomor 10 tahun 2012 dan Perkonsil Nomor 15 Tahun 2013. Hal inilah yang menjadi dasar diperlukannya rekomendasi dari KKI bagi Program Studi Dokter yang akan berdiri. KKI melakukan Visitasi Kelayakan Pembukaan Program Studi Pendidikan Dokter di Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang Pada tanggal 14 Sampai 16 Februari 2023.

Visitasi merupakan salah satu tahapan pemberian rekomendasi kepada program studi baru yang akan di buka. Rekomendasi diberikan oleh KKI sesuai dengan tugas dan fungsi KKI dalam Undang-Undang Nomor 29 tahun 2004 tentang Praktik Kedokteran yaitu pengesahan standar pendidikan profesi.

Dari hasil visitasi yang sudah di Plenokan, Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) secara resmi memberikan Rekomendasi Pembukaan Program Studi Kedokteran pada Universitas Negeri Padang (28/2). Surat Rekomendasi bernomor KI.02.01/01/KKI/II0451/2023 ini ditandatangani oleh Ketua KKI dr. Putu Moda Arsana, Sp.PD-KEMD, FINASIM pada tanggal 27 Februari 2023. Selanjutnya, akan dilakukan pembinaan dan pengawasan oleh KKI kepada Prodi Pendidikan Kedokteran UNP.

Rektor UNP Prof. Ganefri, Ph.D menyampaikan, dengan keluarnya rekomendasi KKI ini, menunjukkan UNP sudah memenuhi persyaratan untuk membuka Prodi Kedokteran. “Nanti Rektor akan menerbitkan Surat Keputusan setelah keluar akreditasi minimal dari Lembaga Akreditasi Mandiri Pendidikan Tinggi Kesehatan (LAM-PTKes). InsyaAllah UNP akan mulai menerima mahasiswa FK pada semester Juli-Desember 2023 ini”, pungkas Rektor UNP.(drt)