Search

Dosen Prodi Kedokteran Hewan FK UNP Lakukan Pengabdian Kepada Masyarakat Berupa Pemeriksaan Hewan Qurban di Kota Bukittinggi

prodi kedokteran hewan

Bukittinggi – Dalam rangka menyambut Hari Raya Idul Adha 1445 H, dosen Program Studi Kedokteran Hewan Fakultas Kedokteran Universitas Negeri Padang (UNP) bekerja sama dengan Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi melaksanakan kegiatan pengawasan dan pemeriksaan hewan kurban. Tim dosen yang terdiri dari drh. Rita Suzana, M.Pt, drh. Sucia Fadillah, M.Sc, drh. Sedrisa Lidya Pertiwi, M.Pt, drh. Nur Rahmi, M.Si, drh. Widia Safitri, M.Biotek, dan drh. Fitria Susanti, M.Si,  yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 20 Juni 2024.

Kegiatan ini diawali dengan rapat koordinasi yang diadakan pada Kamis, 13 Juni 2024 di ruang rapat Dinas Pertanian dan Pangan Kota Bukittinggi. Berbeda dari tahun sebelumnya, kegiatan tahun ini mendapatkan tambahan tenaga pemeriksa dari staf pengajar FK UNP. Selain itu, direncanakan tahun depan akan melibatkan 50 mahasiswa dalam pemeriksaan dan pengawasan hewan kurban di Kota Bukittinggi.

Tujuan utama dari kegiatan ini adalah memastikan hewan kurban yang akan disembelih oleh masyarakat memenuhi standar AMAN, SEHAT, UTUH, dan HALAL (ASUH). Hewan yang diperiksa harus bebas dari bibit penyakit serta tidak mengandung bahan kimia atau obat-obatan yang berbahaya bagi kesehatan. Daging hewan kurban juga harus mengandung zat-zat yang bergizi dan bermanfaat untuk kesehatan dan pertumbuhan. Proses pemotongan hewan kurban harus sesuai dengan syariat Islam sehingga kehalalannya terjamin.

Dengan adanya kegiatan pengawasan dan pemeriksaan ini, diharapkan masyarakat dapat melaksanakan kurban dengan aman dan sehat, sehingga daging kurban yang didistribusikan benar-benar bermanfaat dan berkualitas. 

kedokteran hewan  

Post Related